1. Modifikasi Gigi Akhir
Pada jaman ini banyak kendaraan yang lebih mengutamakan kenyamanan. Tanpa disadari tak ada lagi tenaga akselerasi bawah yang besar, yang telah diganti dengan kecepatan maksimum yang lebih tinggi.
Bagi perjalanan luar kota, yang melalui pegunungan dengan tanjakan yang terjal, penambahan pada kecepatan tidak diperlukan. Melainkan daya akselerasi besarlah yang dibutuhkan.
Cara mudah mendapatkan daya akselerasi ialah dengan mengganti perbandingan gigi akhir. Perbandingan gigi akhir standart kendaraan diganti dengan perbandingan gigi akhir yang lebih besar.
Dengan penggantian ini tenaga akselerasi bertambah. Semakin besar perbandingannya semakin besar tenaga akselerasi yang dihasilkan.
Penggantian ini cocok bagi penjelajah yang gemar menikmati pemandangan, dimana ia dapat mendahului kendaraan lain tanpa harus menjaga kecepatan pada kecepatan tinggi.
2. Modifikasi Karet Body Mobil
Bagi para pemilik kendaran yang mempuyai kendaraan dengan tipe bodi terpisah dengan chassis. Kadang akan merasakan adanya fleksibilitas yang besar antara bodi dengan chassis. Fleksibilitas ini dibutuhkan, tetapi tidak dalam jumlah yang besar. Fleksibilitas yang besar ini dihasilkan karena bahannya yang terbuat dari karet.
Karet ini diletakan di antara bodi dengan chassis dan terbuat dari karet. Karena bahannya yang dari karet maka dengan banyaknya gesekan, karet bodi ini tidak mempunyai kekuatan yang lama.
Kendala ini dapat dicegah dengan penggantian karet bodi yang bahannya terbuat dari polyurethane. Bahan ini mempunyai kelenturan yang lebih kecil dan kekuatan yang jauh lebih besar dibandingkan karet.
Dengan penggantian ini, masalah yang anda hadapi diatas dapat terpecahkan.
3. Karimun "Sepatu Roda"
Jika dilihat, banyak sekali kita temui mobil Suzuki karimun dijalan.namun sepertinya tidak banyak yang terlihat tak biasa seperti karimun milik....
Dengan niat ingin menyetarakan mobil mininya dengan mobil bergaul yang lain, maka ia memasangkan pelek OZ Polaris dengan diameter 17 inchi pada mobilnya.
Untuk dapat mewujudkan niatnya maka ada beberapa perubahan drastis yang perlu dilakukan. Yaitu membobol rumah fender menjadi lebih besar dan mengubah suspensi agar pelek tersebut tidak mentok pada shock absorber.
Untuk menambah cantik penampilan mobil berwarna silver itu, fender yang telah dibobok diberi lis berwarna hitam supaya terlihat lebih sporti.
4.Modifikasi Nitro Sistem Nitro Oksigen (NO2)
s ystem adalah suatu bahan gas yang terbuat dari nitrogen dan oksigen. Dalam hal ini, digunakan untuk menambah tenaga yang dikeluarkan oleh mesin. Jika dilakukan dengan benar, hasilnya akan mengejutkan.
Penting: Nitro Oksigen digunakan untuk keperluan meningkatkan performa kendaraan, dan sangat berbahaya jika terhirup. JANGAN DI HIRUP.
Sistem kerjanya adalah, gas N2O disuntikan kedalam ruang pembakaran saat terjadi pembakaran ,yang menyebabkan naiknya jumlah pembakaran yang terjadi. Dengan terjadinya ini otomatis kompresi didalam ruang bakar meningkat dan dari peningkatan tersebut akan memaksa putaran mesin untuk berputar lebih cepat.
5.Modifikasi dan Tips Lama Jeep CJ-7 Tahun '80-'84
Cara memodifikasi kendaraan jeep anda untuk mencapai performa yang maksimal.
Stage / Langkah I
Pengapian
Merubah system pengapian delco dengan system Cdi, pnggantian kabel busi.
Penggantian busi sesuai kebutuhan.
Kepala silinder
Haluskan lubang dan ruang bakar juga lubang dan ruang minyak.
Ganti per katup standar dengan yang dobel per (saran gunakan produk dari iskyndarian cams) sempurnakan dudukan katup ( dengan cara menyekir). Bagian bawah kepala silinder di ambil tidak lebih dari 1,25mm. Kepala Knalpot
Penggantian pada kepala knalpot (header). Saran gunakan Clifford atau Borla.
Stage / Langkah II
Lakukan seperti stage / Langkah I namun sekarang bagian blok mesin juga dibedah.
Blok Mesin
Membalance ulang kruk as dan mengganti noken as sesuai dengan selera (260, 272, 282, dsb) semakin besar derajatnya semakin banyak juga minyak/bensin yang dibutuhkan .
Karburator dan saluran bensin
Ganti karburator sesuai dengan kebutuhan. ( dua barel, empat barel atau enam barel).
Penggantian pada saluran masuk minyak (intake manifold), jangan melakukan penghalusan pada saluran masuk minyak. Gunakan produk Clifford untuk penggantian saluran masuk minyak.
Membalance ulang roda gila (fly wheel), lakukanlah pengurangan pada roda gila tidak lebih dari 25% berat roda gila.
Pengganti pada pompa bensin, kekuatan sesuai kebutuhan.
6. Modifikasi Turbocharger
Modifikasi turbocharger bukanlah untuk amatir, kecuali datang dengan paketnya. Modifikasi turbocharger bukan satu hal yang baru, beberapa akhir tahun ini peminat pemakai turbocharger bertambah. Bahkan beberapa kendaraan standart sudah dilengkapi dengan turbocharger.
Turbocharger sangat cocok dengan mesin berkapasitas kecil dengan kompresi rendah karena jumlah bahan bakar yang menunjang.
Turbocharger dapat menambah banyak tenaga tanpa harus merubah kapasitas mesin atau menukar mesin.
7. Modifikasi CJ pelek wrangler
Untuk para pembaca yang memiliki mobil katagori jeep, pasti ada beberapa yang bertanya bagaimana menggunakan pelek wrangler dengan pcd 5 dekat pada mobil yang jeep ber pcd 5 jauh.
Yang harus dilakukan adalah membuat adaptor dengan ukuran masuk pcd lama dan keluar dengan pcd yang diinginkan (pcd wrangler).
Namun hasil yang akan ditimbulkan biasanya roda depan akan sedikit lebih keluar dibandingkan dengan roda belakang dikarenakan adanya freelock pada roa depan yang letaknya memang agak keluar.
Kemudian banyak yang belum mengetahui bahwa dengan adaptor pada jeep cj sistim 4WD masih dapat berfungsi, yaitu dengan mengganti freelock standard cj dengan freelock milik cj diesel. Dengan demikian fungsi 4WD anda dapat berjalan dengan normal kembali.
8. Modifikasi Peningkatan Pengendalian Mobil
Cara paling mudah untuk meningkatkan pengendalian mobil adalah, menggantikan ban yang lebih lebar dan lengket dengan ukuran yang muat pada mobil. Perubahan paling besar yang dirasakan adalah dari ukuran ban yang dilebarkan. Dengan menggunakan ban yang bahannya lebih baik dan lebar, laher roda dapat menahan benturan lebih baik.
Kedua adalah dengan merendahkan kedaraan, memindahkan pusat gravitasi dengan menggantikan per dan peredam kejut. Lalu semuanya diset dan ditambah stabilizer. Pemasangan stabilizer ini sangatlah mudah. Namun dengan penggantian per dan peredam kejut sudah meningkatkan pengendalian. Dengan ditambahnya pemasangan stabilizer akan meningkatkan pengendalian yang jauh lebih baik.
9. Modifikasi Suspensi Rendah
Secara general anda ingin merendahkan kendaraan anda dengan menggantikan per spiral standart dengan yang lebih rendah.
Dimana per spiral makin rendah, semakin rendah pula kendaraan anda, namun kekerasan per harus dinaikan untuk menghindari benturan suspensi.
Rata-rata kekerasan per harus dinaikan 15% setiap turun 1 Inchinya. Jadi jika per standart anda mempunyai kekerasan 300pon/Inchi, maka anda harus menggantikan dengan yang mempunyai kekerasan 390pon/Inchi jika diturunkan 2 Inchi.
Per standart tidak seharusnya dipotong, karena mereka tidak akan mempunyai kekerasan yang cukup. Per juga tidak akan duduk ditempatnya dengan benar dan per akan bergerak-gerak.
Jika merendahkan per daun, sangat disarankan per daun yang terbuat dari bahan fiberglass atau komposit. Karena lebih ringan maka reaksinya lebih cepat. ( berarti pengendaraan dan pengendalian yang lebih baik) Jangan melakukan pengepresan pada per daun, karena akan membuat per semakin panjang, dimana mempengaruhi jarak suspensi yang akan menghasilkan benturan stir.
10. Modifikasi Suzuki Cultus Turbo
Memiliki mobil dengan performa yang baik adalah dambaan banyak orang salah satunya ialah irawan suwondo. Merasa kurang dengan performa mesin suzukinya ia membawa mobil tersebut ke suatu bengkel modifikasi yang terletak didaerah pramuka.
Mobil tersebut sebenarnya sudah memiliki spesifikasi standard yang sudah baik, dengan mesin 1300cc DOHC dan berpenggerak 4wd yang dipercaya hanya ada 2 unit di Indonesia, dipersiapkannya untuk mengikuti sprint rally.dengan demikian ada beberapa modifikasi yang perludilakukan.
Langkah pertama ialah memasang besi pengaman (rollcage) serta menguatkan bagian-bagian yang merupakan titik penting bagi kekuatan mobil dengan las dingin.
Langkah kedua merubah suspensi standard dengan suspensi rally.Bagian depan depan menggunakan suspensi suspensi Suzuki sport dan belakang menggunakan koni sport dilengkapi per proflex.
Kemudian terakhir yaitu merubah jeroan mobil menjadi besutan yang galak, yaitu memasang turbo charger pada mesin sehingga performa mobil meningjat sekitar 40% dari tenaga asalnya. Terbukti setelah melakukan perubahan tersebut si cultus mampu menunjukkan kekuatannya diarena sprint rally.
Senin, 25 Januari 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar